fbpx

Wisepedia: Investasi.

Investasi adalah aset yang diperoleh dengan tujuan menghasilkan pendapatan dan meningkatkan nilai dari waktu ke waktu. Jenis investasi yang populer di Indonesia seperti: saham, obligasi, dan komoditas.

Wisepedia: Investasi

Apa itu investasi?

Investasi adalah aset atau barang yang diperoleh dengan tujuan menghasilkan pendapatan atau apresiasi. Apresiasi mengacu pada peningkatan nilai aset dari waktu ke waktu. Sederhananya, saat kamu membeli suatu barang, tapi tujuannya bukanlah untuk mengkonsumsi barang tersebut tetapi menggunakannya di masa depan untuk menciptakan kekayaan.

Seringkali hal ini menyangkut pengeluaran beberapa aset saat ini—waktu, uang, atau usaha—dengan harapan akan mendapatkan hasil yang lebih besar di masa depan daripada yang semula ditanamkan.

Misalnya, seorang investor dapat membeli aset moneter sekarang dengan gagasan bahwa aset tersebut akan memberikan pendapatan di masa depan atau nantinya akan dijual dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan.

Cara kerja

Tindakan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan pendapatan dan meningkatkan nilai dari waktu ke waktu. Pun, bisa mengacu pada mekanisme apa pun yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan di masa depan. Ini termasuk pembelian obligasi, saham, atau properti real estat, di antara contoh-contoh lainnya. Selain itu, membeli properti yang dapat digunakan untuk memproduksi barang dapat dianggap sebagai investasi.

Secara umum, tindakan apa pun yang dilakukan dengan harapan meningkatkan pendapatan di masa mendatang juga dapat dianggap sebagai investasi. Misalnya, ketika memilih untuk melanjutkan pendidikan tambahan, tujuannya sering kali untuk menambah pengetahuan dan keterampilan (dengan harapan pada akhirnya menghasilkan lebih banyak pendapatan).

Karena investasi berorientasi pada potensi pertumbuhan atau pendapatan di masa depan, selalu ada tingkat risiko tertentu yang terkait dengan investasi. Ini mungkin tidak menghasilkan pendapatan apa pun, atau mungkin benar-benar kehilangan nilainya seiring waktu. Misalnya, ada juga kemungkinan Anda akan berinvestasi di perusahaan yang akhirnya bangkrut atau proyek yang gagal terwujud. Ini adalah cara utama menabung dapat dibedakan dari investasi: menabung adalah mengumpulkan uang untuk digunakan di masa depan dan tidak mengandung risiko, sedangkan investasi adalah tindakan memanfaatkan uang untuk keuntungan potensial di masa depan dan mengandung beberapa risiko.

Jenis dan Penjelasannya

Saham

Pembeli saham perusahaan menjadi pemilik pecahan dari perusahaan itu. Pemilik saham perusahaan dikenal sebagai pemegang sahamnya, dan dapat berpartisipasi dalam pertumbuhan dan kesuksesannya melalui apresiasi harga saham dan dividen reguler yang dibayarkan dari keuntungan perusahaan.

Obligasi

Obligasi adalah kewajiban hutang entitas seperti pemerintah, kota dan perusahaan. Membeli obligasi menyiratkan bahwa Anda memiliki bagian dari hutang entitas, dan berhak menerima pembayaran bunga berkala dan pengembalian nilai nominal obligasi saat jatuh tempo.

Dana (funds)

Dana adalah kumpulan instrumen yang dikelola oleh manajer investasi yang memungkinkan investor untuk berinvestasi di saham, obligasi, saham preferen, komoditas, dll. Dua jenis dana yang paling umum adalah reksa dana dan dana yang diperdagangkan di bursa atau ETF. Reksa dana tidak diperdagangkan di bursa dan dinilai pada akhir hari perdagangan; Perdagangan ETF di bursa saham dan seperti saham, dihargai secara konstan sepanjang hari perdagangan. Reksa dana dan ETF dapat secara pasif melacak indeks seperti S&P 500 atau Dow Jones Industrial Average (DJIA), atau dapat dikelola secara aktif oleh pengelola dana.

Dana perwalian (trust)

Perwalian adalah jenis lain dari kumpulan investasi, dengan Perwalian Investasi Real Estat (REIT) yang paling populer dalam kategori ini. REIT berinvestasi dalam properti komersial atau residensial dan membayar distribusi reguler kepada investor mereka dari pendapatan sewa yang diterima dari properti ini. REIT berdagang di bursa saham dan dengan demikian menawarkan keuntungan likuiditas instan kepada investor mereka.

Alternatif

Ini adalah kategori penampung semua yang mencakup dana lindung nilai dan ekuitas swasta. Hedge fund disebut demikian karena mereka dapat melakukan lindung nilai atas taruhan investasi mereka dengan membeli saham panjang dan pendek serta investasi lainnya. Ekuitas swasta memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan modal tanpa go public. Hedge fund dan private equity biasanya hanya tersedia untuk investor kaya yang dianggap “investor terakreditasi” yang memenuhi persyaratan pendapatan dan kekayaan bersih tertentu. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, investasi alternatif telah diperkenalkan dalam format reksa dana yang dapat diakses oleh investor ritel.

Opsi dan derivatif

Derivatif adalah instrumen keuangan yang memperoleh nilainya dari instrumen lain seperti saham atau indeks. Opsi adalah turunan populer yang memberi pembeli hak tetapi bukan kewajiban untuk membeli atau menjual sekuritas dengan harga tetap dalam jangka waktu tertentu. Derivatif biasanya menggunakan leverage, menjadikannya proposisi berisiko tinggi dan imbalan tinggi.

Komoditas

Komoditas meliputi logam, minyak, biji-bijian dan produk hewani, serta instrumen keuangan dan mata uang. Mereka dapat diperdagangkan melalui komoditas berjangka – yang merupakan perjanjian untuk membeli atau menjual komoditas dalam jumlah tertentu dengan harga tertentu pada tanggal tertentu di masa mendatang – atau ETF. Komoditas dapat digunakan untuk risiko lindung nilai atau untuk tujuan spekulatif.

Menu