fbpx

Cara Untung Emas: antara Uang dan Senang

Cara Untung Emas: antara Uang dan Senang

Trading emas pada kuartal IV 2020 bikin hati senang karena makin banyak uang. Pergerakan harga emas terukur, bahkan saat ada pilpres Amerika Serikat.

Wiseree: Uang dan Senang

Pada 1974, Koes Plus merilis lagu “Bujangan” yang reff-nya begini, “Hati senang walaupun tak punya uang. Oh… Oh… Hati senang walaupun tak punya uang.” 

Menariknya, banyak meme yang berisi keraguan terhadap lirik tersebut. Salah satunya meme dengan tulisan, “Kalo ketemu Koes Plus, tolong tanyain gimana caranya hati senang walaupun tak punya uang?”

Kita bahas dua poin yang jadi pro-kontra dalam lirik itu: uang dan senang. Kita bagi menjadi 2 pembahasan:

  1. Senang tanpa uang. 
  2. Uang bikin senang.

Senang tanpa uang

Eric Weiner menulis dalam bukunya The Geography of Bliss yang membahas perjalanannya di 10 negara untuk mencari kebahagiaan.1 Salah satunya Bhutan, sebuah negara kecil yang tidak punya ekonomi sefantastis Singapura, tapi punya tingkat kebahagiaan yang tinggi.

Apa Weiner menemukan kebahagian di Bhutan? Baca sendiri bukunya, ya, kamu bisa beli di book store

Sementara itu, kamu bisa baca-baca World Happiness Report.2 Dalam laporan itu, kebahagiaan warga negara-negara Nordik (Finland, Denmark, Norway, Sweden, dan Iceland) adalah faktor-faktor terkait kualitas lembaga, seperti:

  • benefit kesejahteraan, 
  • korupsi yang rendah, dan 
  • demokrasi dan lembaga negara yang berfungsi dengan baik.

Walau, dalam laporan 2017-2019, Indonesia berada di peringkat 84 dari 153 negara, tapi setidaknya Indonesia sedang berusaha membuat orang-orang di dalamnya jadi lebih senang.

Senang bisa saja terukur seperti dalam World Happiness Report, tapi kamu sendiri yang harus menentukannya. Seperti Weiner yang tidak mencari makna kebahagiaan, tapi di mana kebahagiaan itu. Paling gampang, menurut kami, kamu bisa senang kalau punya uang.

Uang bikin senang

Biar lebih gampang, kita membahas saja uang yang kita dapat dari analisis emas 5 Oktober 2020. Di artikel “Cara Untung dari Resesi” itu, kita melihat peluang untuk membeli emas di harga 1790.20.

Analisis harga emas (XAU/USD) oleh Wiseree

Kamu bisa lihat gambar di bawah. Kami mapping pake warna kuning, hijau, merah, dan biru. Kuning adalah awal analisis pada artikel Oktober 2020. Hijau menjelaskan selama 4 minggu harga emas “loncat-loncat” di area itu saja. Istilahnya, kangaroo market. Saat itu, kita bisa untung dengan beli-jual emas karena harga berada di area support

Merah menunjukkan pergerakan harga emas yang kuat karena adanya pilpres Amerika Serikat ke-59. Awalnya harga naik, kemudian turun drastis hingga menjemput buy order kita di harga 1790.20.

Pemetaan analisis XAU/USD (peluang emas) dari 6 Oktober 2020

Lalu, kita untung dari emas selama 6 minggu berikutnya seperti yang kamu lihat pada area biru. Saat kami monitoring, harga emas sudah mencapai 1948.57. Kalau dihitung dari buy order, harga sudah naik 1.583,7 pip atau untung emas mencapai 158.370 USD.3 Buat tim “uang bikin senang”, tentunya makin banyak uang bikin hati senang. 

Jadi, apa bisa hati senang walaupun tak punya uang? Susah banget menjawabnya karena kita tetap butuh uang. Membangun demokrasi, misalnya, negara butuh biaya besar untuk melaksanakan pemilihan umum.

Mau dapat uang dari trading emas seperti di atas? Pake Wiseree biar untung emas jadi lebih pasti.

1 Perhitungan berdasarkan keuntungan buy 10 lot XAU/USD.
2 Eric Weiner. The Geography of Bliss.
2 Sustainable Development Solutions Network. World Happiness Report.

 

Disclaimer:
Analisis dari tim Wiseree hanya merupakan pandangan semata. Semua keputusan transaksi merupakan hak dan kewajiban masing-masing user. Kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan maupun kerugian yang timbul.